Apa itu Diet Paleo?

impermanencyxlv
impermanencyxlv
December 8, 2019

Istilah diet paleo identik dengan diet manusia gua atau diet Paleolitik. Dari istilah tersebut, jelas bahwa diet paleo terutama adalah makanan yang dikonsumsi manusia Paleolitik di masa lalu. Ini sering disebut-sebut sebagai diet paling sehat karena mencegah penggunaan atau konsumsi makanan olahan di samping makanan baru yang orang makan setelah pria Neolitikum. Makanan pria Paleolitik pada dasarnya terdiri dari daging, buah-buahan, dan akar. Seperti kata pepatah ‘jika manusia gua tidak makan, Anda tidak harus memakannya juga’.

Selama periode manusia Paleolitik, orang-orang adalah pemburu dan pengumpul. Konsep bertani belum dikembangkan. Karena itu, orang-orang berburu di hutan untuk mendapatkan daging sambil mengumpulkan kacang-kacangan, buah-buahan, dan akar. Pria Paleolitik dipandang sebagai lebih kuat, lebih tinggi dan berotot dibandingkan dengan pria saat ini. Para ahli kesehatan berpendapat bahwa perubahan dalam pola makan seperti yang dikembangkan manusia karena pertanian dan industrialisasi menyebabkan konsumsi makanan olahan alih-alih makanan manusia gua yang asli. Akibatnya, pria saat ini sering mudah terserang penyakit selain menjadi lemah. Ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa tubuh manusia tidak beradaptasi sepenuhnya untuk mencerna makanan dan biji-bijian yang kita makan saat ini.

Diet ini dipandang sebagai jawaban atas masalah berat yang menimpa Amerika Serikat. Saat ini, sekitar 60% populasi global kelebihan berat badan sementara 33% dianggap mengalami obesitas. Lebih jauh, perubahan pola makan telah menyebabkan sejumlah besar orang di dunia menderita penyakit seperti diabetes dan kanker. Penting untuk dicatat bahwa statistik ini terus bertambah buruk dari hari ke hari. Ini adalah indikasi yang jelas bahwa diet saat ini salah dan berbahaya bagi orang. Jadi, ada kebutuhan untuk kembali ke diet paleo (manusia gua).

Diet tidak termasuk banyak produk yang membentuk gula saat ini seperti garam, produk susu, biji-bijian makanan olahan, minyak sayur dan gula. Pengecualian ketiga produk ini dari diet individu memiliki dampak signifikan dalam mengurangi kemungkinan tertular penyakit gaya hidup.

Jadi, apa yang membuat diet paleo?

Diet paleo terdiri dari buah-buahan, sayuran, kacang tanpa lemak, biji-bijian dan akar, makanan laut dan lemak sehat. Lemak sehat dapat diperoleh dari biji, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak ikan.

Jika diadopsi, diet ini bermanfaat bagi orang. Beberapa keuntungan dari menjalani diet paleo meliputi; itu mengurangi kemungkinan diabetes dengan menstabilkan kadar gula darah, memungkinkan seseorang untuk melepaskan kelebihan atau lemak yang disimpan, dan mengarah pada pengurangan alergi. Juga, diet paleo membantu memperbaiki pola tidur seseorang. Manfaat-manfaat ini menggambarkan pentingnya penerapan pola makan paleo.

Saran diet Paleo untuk menghindari makan makanan olahan dan gula didukung oleh penelitian modern yang telah menemukan hubungan antara makanan olahan dan gula, dan peningkatan berat badan atau penyakit gaya hidup.

Uncategorized

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *