Serunya Mengunjungi Museum Pusat TNI AD “Dharma Wiratama”

Serunya Mengunjungi Museum Pusat TNI AD “Dharma Wiratama”

impermanencyxlv
impermanencyxlv
March 22, 2020

Sebagai salah satu tempat terjadinya revolusi fisik, Kota Yogyakarta juga tidak lepas dari pertempuran melawan Belanda sama seperti kawasan lainnya di Indonesia. Salah satu pihak yang berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia adalah TNI AD.  Mereka berjuang sepenuh hati agar Belanda tidak kembali menjajah Indonesia lagi. Untuk mengenang kepahlawanan mereka maka didirikanlah Museum Pusat TNI AD “Dharma Wiratama”.

Museum Pusat TNI AD “Dharma Wiratama” adalah museum yang didirikan oleh TNI AD untuk mengenang perjuangan dari para prajurit TNI AL. Selain itu museum ini juga difungsikan sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda perjuangan dari TNI AL selama memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Museum ini resmi berdiri pada tanggal tanggal 8 September 1959 namun kemudian pindah pada 17 Juni 1968 ke bekas kediaman resmi Pangsar Jenderal Soedirman hingga sekarang.

Di Museum Pusat TNI AD “Dharma Wiratama”, pengunjung bisa menyaksikan berbagai macam koleksi dari TNI AD. Di halaman depan terdapat dua Tank Stuart dari Amerika dengan kaliber 37mm. Terdapat pula sebuah meriam buatan tahun 1901. Di bagian dalam terdapat beberapa ruangan yang dikelompokkan menjadi beberapa bagian seperti ruang pengantar, ruang Jendreal Sudirman, ruang Letjen Urip Sumoharjo, ruang Palagan, dan masih banyak ruang-ruang lainnya yeng berisikan koleksi TNI AD.

Lokasi Museum Pusat TNI AD “Dharma Wiratama”:

Museum Pusat TNI AD “Dharma Wiratama” berlokasi di Jl. Jend. Sudirman No.75, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya masih berada di kawasan Kota Jogja dan jika datang mengunakan kendaraan pribadi dari pusat kota hanya diperlukan waktu sekitar 10 menit – 15 menit saja. Bagi mereka yang mengenal lebih dekat TNI AD bisa datang ke tempat ini dan jika berkunjung dalam jumlah besar bisa rental bus di Jogja dan menjadikanya paket wisata Jogja.

Tiket dan Jam Buka Museum Pusat TNI AD “Dharma Wiratama”:

Museum Pusat TNI AD “Dharma Wiratama buka setiap hari Senin Minggu. Museum Pusat TNI AD “Dharma Wiratama” buka pada pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Tiket masuk kawasan ini gratis atau sukarela.

Tips Wisata Museum Pusat TNI AD “Dharma Wiratama”:

  • Pakailah busana yang sopan untuk berkeliling di museum karena ini kawasan militer.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berkegiatan museum.
  • Foto setiap momen spesial di tempat ini.
  • Jangan merusak fasilitas yang ada di museum ini.
  • Jagalah kebersihan di museum.
Uncategorized

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *